"Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat."

Selasa, 05 Maret 2013

Silaturahim Dapat Mengatasi Semua Permasalahan Sesama Saudara


          Hidup di dunia yang fana dan menipu ini selalu mendapatkan masalah yang tak kunjung henti. Muda ataupun tua, luang ataupun sempit, sehat maupun sakit, kaya ataupun miskin, dan siang ataupun malam. Semua masalah tak kunjung hentu menerpamu. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup dengan sendirinya. Sejatinya, manusia memiliki hati nurani yang mana dengannya manusia dapat membedakan mana yang benar dan salah. Karena hidup bersama masyarakat luas, tentunya masing-masing memiliki hak dan kewajiban.


          Kesusahan, kesulitan, dan permasalahan dapat tuntas hingga akarnya dengan dua hal. Pertama, Iman dan kedua, silaturahim. "Mengapa dapat selesai hanya dengan dua hal itu ?" Padahal masalah begitu banyaknya dan tak kunjung henti datang silih berganti, menerpa, dan mengguncang. Baik materi, psikis, mental, fikiran, hingga hati.

          Iman ibarat filter dalam kehidupanmu. Jika engkau akan melakukan pencurian, maka iman akan memfilternya. Jika engkau ingin berbohong, iman akan memfilternya. Jika engkau ingin berbohong, iman akan memfilternya, bahkan jika engkau ingin melakukan perbuatan buruk di tempat terpencil dan tiada seorangpun yang dapat melihatnya, iman pun akan memfilternya. Karena dengan iman, engkau yakin bahwa Allah selalu berada di dekat kita, bahkan lebih dekat dengan urat nadi kita. Namun jika engkau sudah merelakan perbuatan buruk yang engkau lakukan, maka itu menjadi permasalahan yang terbesar dalam hidupmu. Permasalahan yang tidak ada obatnya melainkan dengan taubatan nasuha. Iman ibarat filter, maka silaturahim ibarat perekat sebagai pendukungiman yang akan dapat menyelesaikan permasalahan. Dengan silaturahim semua permasalahan akan selesai! Penulis akan beritahukan kepadamu tiga contoh dari beribu-ribu contoh. 1) Jika engkau sakit, kondisi keuangan sedang tidak baik, tidak ada transportasi yang dapat mengantarkanmu menuju rumah sakit. Ini semua dapat diatasi dengan manfaat bersilaturahim dengan dokter. Engkau hanya menelpon, dan dokterpun datang dengan sukarela ke rumahmu tanpa meminta bayaran sedikitpun. 2) Jika engkau sedang membutuhkan uang maka manfaat silaturahim pun menjadi penyelesaiannya. 3) Bahkan korupsipun dapat dicegah dengan silaturahim.

           Di dunia ini tidak ada lagu masyarakat yang lebih mesra daripada masyarakat yang dilandasi akhlakul karumah. Masyarakat itu terdiri dari orang-orang yang bersukacinta, gembira, penuh semangat, yang diwarnai rasa syukur dan sabar. Senyum tulus selalu menghiasi wajah mereka. Jika seseorang mengalami kemurungan karena suatu masalahn menghampiri dengan penuh empati, seraya membantu menghilangkan kemurungan itu.

          Disana tidak ada aib, karena tidak seorangpun mau menceritakan aib orang lain. Perdagangan dan pertumbuhan ekonomi berkembang pesat. Karena kerja keras, disiplin, kejujuran dan amanah selalu menghiasi perilaku mereka selalu berlomba-lomba dalam kebaikan. Kalau ada perselisihan selalu di selesaikan dengan cara yang indah dan penuh kasih saying. Jika ada perselisihan selalu di selesaikan dengan cara yang indah dan penuh kasih saying. Jika ada perselisihan, tidak berakhir dengan perpecahan.
Tanamkan benih-benih iman yang dapat memfilter dari semua perbuatan buruk. Rekatkanlah iman itu dengan cara bersilaturahim dan menjalin ukhuwah dengan orang-orang yang dekat maupun jauh. Berkumpul dengan orang-orang shaleh, setelah itu warnailah orang-orang disekitar dengan cahaya iman kita.

0 komentar:

Posting Komentar