"Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat."

Kamis, 25 Agustus 2011

Keutamaan Ilmu Dan Ulama

  1. Nabi Muhammad SAW bersabda kepada Ibnu Mas'ud, "Hai Mas;ud ! Kamu duduk sesaat dalam sebuah majlis ilmu sedang engkau tidak menyentuh pena dan tidak menulis satu huruf pun adalah lebih baik bagimu daripada membebaskan seribu budak. Kamu melihat wajah orang alim adalaha lebih baik daripada kamu menyedekahkan seribu kuda di jalan Allah. Kamu mengucapkan salam kepada orang alim adalah lebih baik daripada ibadah seribu tahun."
  2. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Seorang yang faqih lagi wara' (menjauh kan diri dari yang haram) lebih berat bagi setan (menggodanya) daripada seribu abid yang bersungguh-sungguh (dalam beribadah) yang bodah (tidak faqih) yang wara."
  3. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Keutamaan orang alim atas abid (ahli ibadah) seperti keutamaan malam purnama atas seluruh bintang."
  4. Nabi Muhammad SA bersabda, "Barang siapa yang berpindah tempat untuk menuntut ilmu (agama) diampunilah ia sebelum melangkah."
  5. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Muliakanlah Ulama, karena mereka di sisi Allah terpilihlagi dimuliakan."
  6. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa memandang wajah orang alim dengan pandangan yang menggembirakan maka Allah Ta'ala menciptakan malaikat karena pandangan tersebut, yang memohonkan ampun untuknya hingga hari kiamat."
  7. Nabi Muhammad SAW Bersabda, "Barang Siapa memuliakan orang alim, maka sungguh ia telah memuliakan aku. Barang siapa memuliakan aku maka sungguh telah memuliakan Allah maka tempatnya adalah surga."
  8. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidur orang alim lebih utama dari tidur orang bodoh."
  9. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa mempelajari satu bab ilmu, diamalkan atau tidak diamalkan adalah lebih utama dari seribu rakaat shalat sunnah."
  10. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa mengunjungi orang alim maka sama dengan mengunjungiku. Barang sipa berjabat tangan dengan orang alim maka sama dengan berjabat tangan denganku. Barang siapa duduk dengan orang alim maka sama dengan duduk denganku di dunia. Barang siap duduk denganku di dunia maka aku tempatkan ia bersamaku pada hari kiamat.

0 komentar:

Posting Komentar