"Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat."

Jumat, 20 Juni 2014

Menyongsong Datangnya Bulan Ramadhan Tahun 1435 H


Rasanya baru saja kita melewati Ramadhan tahun lalu, kini kembali akan datang bulan yang penuh berkah, bulan dimana kita diberi kesempatan untuk meraup amal sholeh sebanyak-banyaknya. Setelah sebelas bulan lamanya kita diberi kesempatan untuk menikmati semua rizqki yang dilimpahkanNya, kini saatnya kita bertafakur dan bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan selama ini. Ibadah puasa Ramadhan sebenarnya bukan hanya sebagai ibadah ritual yang wajib dijalankan setiap pribadi Muslim, akan tetapi dibalik ritual itu ada tujuan lain yang justru sangat penting yang ingin kita peroleh, yakni menjadikan kita yang melaksanakan ibadah puasa sebagai orang orang yang meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT yang telah menciptakan kita. Disamping itu juga terdapat banyak sekali guna dan manfaat dari melaksanakan puasa Ramadhan yaitu baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani yakni menjadi orang yang lebih baik akhlaknya

Dalam hidup tidak sedikit kita dapati manusia yang didominasi oleh hawa nafsunya, lalu manusia itu menuruti apapun yang menjadi keinginannya meskipun keinginannya itu merupakan sesuatu yang bathil dan mengganggu serta merugikan orang lain. Karenanya, didalam Islam ada perintah untuk memerangi hawa nafsu dalam arti berusaha untuk bisa mengendalikannya, bukan membunuh nafsu yang membuat kita tidak mempunyai keinginan terhadap sesuatu yang bersifat duniawi. Manakala dalam peperangan ini manusia mengalami kekalahan, akan terjadi penuhanan hawa nafsu yang cendrung mengarahkan manusia pada kesesatan dan malapetaka besar. Allah SWT memerintahkan kita untuk memperhatikan masalah ini dalam firmanNya yang artinya: "Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (Membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?" QS. Al Jatsiyah(45) : 23.

Dengan puasa satu bulan penuh, pada saat itu kita digembleng untuk lebih disiplin, menahan hawa nafsu, bersabar, serta melakukan kebaikan-kebaikan seperti shalat berjamaah, shalat tarawih, tadarus Al-Quran, mengkaji syariat Islam, serta memperbanyak Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS). Pada Akhirnya, kita dapat melihat hasil atau dampak perubahan yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Akhirnya saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita mendapatkan semua kandungan dari keistimewaan bulan Ramadhan.
"Yaa Allah, perbaikilah agamaku yang ia merupakan benteng perlindungan bagi urusanku. Dan perbaikilah duniaku untukku, yang ia menjadi tempat hidupku. Serta perbaikilah akhiratku, yang ia menjadi tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini sebagai tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, serta jadikanlah kematian sebagai kebebasan bagiku dari segala kejahatan" (HR. Muslim).
Aamiin Yaa Rabbal'alamin...

0 komentar:

Posting Komentar